How Many People Who Look At Here?

Powered By Blogger

About Lebak Bulus

 Yang udah lama temenan ama gue, dan yang udah lama pacaran ama gue (biasa, orang jomblo bawa2 pacar mulu) pasti tau kalo hari Minggu gue kemana. Yap, Lebak bulus... suatu daerah di Jakarta Selatan yang bisa dibilang masih ada kaum2 Jakarta/Betawi asli. Tradisinya pun masih kental, tapi tetep kemajuan teknologi sebagai penopang pengetahuan disana. Mungkin kalo gue deskripsiin keliatannya unik, padahal mah biasa aja (WOOOOO! Dhito ngetiknya lebay!). Terkadang juga kalo gak lebay, gak lucu kawan! (Sok bijak!).
 Nah, disini itu tempat tinggalnya Eang Kakung (Kakek) dan Eang Putri (Nenek) gue dari nyokap. Jadi disana ada adeknya nyokap (Tante, adeknya Nyokap gue) dan anaknya (Namanya Fathan). Ada juga Om Wisnu (Adek nyokap gue) dan Om Titis (Anak angkat dari Kakek dan Nenek gue), tapi mereka udah tinggal sama istri masing2. Nah, ini beberapa kumpulan cerita yang setidaknya masih gue inget... dari Lebak Bulus tentunya.

Nih, ceritanya begini. Tante Ita (Adeknya Nyokap) lagi nyuapin Fathan, Rani lagi makan satu meja bareng gue. Eh, gak taunya ada yang serasa muda lagi...
Kakek : Yang...
Nenek : Kenapa Tung? (Jadi begini ceritanya, mustinya gue manggil kakek gue ini Eang Kakung,,, tetapi karena dulu gue belom lancar ngomong... jadinya ampe sekarang gue manggilnya Atung. Ampe pada ikut2an tetangga2 sebelah manggilnya begitu)
Kakek : Yangti kan pas pulang senam nih, ada temennya tuh... ada yang udah tua kaya nenek siapa tuh namanya?
Nenek : Itu, bu Rohadi.
Kakek : Iya! Itu! Trus ada lagi siapa tuh yang (BLABLABLABLABLA)
Nenek : Itu namanya (BLABLABLABLABLABLABLA)
Kakek : Kan tadi pada lewat depan rumah, trus kayaknya pada ngomong gini deh "Itu, siapa sih? kumisan guanteng banget?". Trus... ada yang nyaut, "Itu pak Waspodo (Eang Kakung gue) itu bu, suaminya bu Suhana (Nenek gue).
Nenek : (Pastinya, noyor kepala Eang Kakung gue sambil ketawa). Bandel yaaa? BANDEL YA?!
Semua : HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA

Nah , kalo yang ini lagi di mobil. Gue tuh mau nginep dirumah Lebak Bulus. Atung, Yangti (Ini panggilan gue sendiri, jadi gue perjelas lagi, rumusnya begini : Kakek=Eang Kakung=Atung, Nenek=Eang Putri=Yangti. Jadi itu semua sama saja), dan Fathan. Abis itu udah prepare kita berangkat nih. Nah dipertengahan jalan tol ada yang (Lagi-lagi) serasa muda...
Atung : Yang,,,
Yangti : Napa tung?
Atung : Kok sambel tadi bikinan Yangti ada rasa gaenaknya?
Yangti : Lah? Masa sih? Orang biasanya juga begitu!
Atung : Yangti sih! kalo ngulek sambil ketawa! masuk dah tuh jigongnya!
Yangti : (JEWER ATUNG!!!)
Gue dan Fathan : HAHAHAHHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA! EH AWAS NABRAK!

 Next! Enaknya tinggal di Lebak Bulus adalah akses kemanapun deket terkecuali akses sekolah. Ya, dulu karena kebetulan jamannya nyokap gue belom ada peraturan masuk jam setengah 7, makannya dia makmur bener hidupnya (Lebay lagi dikit, boleh dong?).
 Dan, ada beberapa cerita unik di Rumah ini. Kulkas yang ada di dapur, itu umurnya udah puluhan tahun. Dulu kan ekonomi serba sulit, jadi Yangti jualan es keliling. Dulu juga freezernya masih bagus. Tapi sekarang udah ga berfungsi. Alhamdulillah sih belom lama beli kulkas baru.
 Terus juga dulu, meski ekonomi sulit... keluarga gue punya pembantu. Nih pembantu katanya cantik bener, soalnya tukang minyak, tukang becak, ama tukang tambel ban demen ama nih orang.
Tante Ita : Mas, mas, kan dulu dirumah kita punya pembantu ya mas. Itu banyak tuh mas yang naksir ama dia. Eh, yang naksir ama dia pada baik2in Om Wisnu gitu kan. Jadi setiap pagi, dia ke tukang minyak... dikasih jajan, siang ke tukang becak,,, dikasih jajan,,, sore ke tambel ban,,, dikasih jajan... Enak bener dia mah dulu idupnya!
Om Wisnu : Hehehehe, kan gue anak kandung laki2 satu2nya.
 Next, di halaman rumah itu ada lapangan. Ada sekitar 4-5 pohon rambutan. Dan tiap bulan2 kaya gini nih, kita pada manen. Pokoknya PESTA RAMBUTAN!!!. Di halaman ini juga gue makan bareng sama orang2 Jepang (Kapan2 deh gue bahas di Blog ini). Disini lumayan luas, bisalaaah buat maen futsal (makannya daripada nyewa lapangan, mending ngikut gue ke Lebak Bulus).
 Kalo di ruang tamu, ada banyak foto kenangan. Gue, Rani, dan Fathan yang fotonya masih bisa kepajang... cucu2 Atung dan Yangti selanjutnya belom sempet ditempel di dinding. Waktu gue kecil, gue paling sering ke Kebon Binatang Ragunan. Berhubung juga tempatnya deket, transportnya gampang. Hahahahaha!
 Kalo kalian suka mobil, mustinya tau mobil Crown dong? Yang lebar, panjang, dan antik itu. Dan dirumah ini juga mobil antik ini tersimpan rapih dan gagah meskipun beberapa spareparts-nya udah memprihatinkan. Ada juga Toyota DX, primadona orang2 gaul 80-an. Dulu juga Atung punya Vespa, tapi sayang udah dibawa ke Solo.
 Nah, kalo mau ngegaul, Cilandak Town Square tinggal ngesot doang. Pokoknya kalo ada yang nanya gue "Lu dimana?", gue jawab "Citos", lo tinggal lari aje nyari gue ke timezone. Hahahahha, maklum, masa kecil kurang bahagia. Sekarang gue lagi sibuk maen game namanya Animal Kaiser. Itu kalo gue lagi main, sampingnya bocah semua. Bodo amat dah ada cewe lewat pake hotpants atau kemben sekalipun juga ga bakal gue perhatiin (eh, tapi bolehlah lirik dikin... lumayan numpang ngaceng dikit).

Huaaaaaaaaaaaaaaaaaaahm, udeh ah... lapar saya pengen makan dulu... Waiting my next posting evrybody!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar